Rabu, 20 Maret 2013

My Chocco Ice, My Choko Sweety


Nama gue Dea. Gue anak bontot dari empat bersaudara. Gue lahir setelah kakak ketiga gue Deasy yang super bawel kayak  Deasy duck itu loh, pujaan hatinya Donald duck. Nggak tau deh kenapa nama begitu berpengaruh dengan sikapnya. Sehari aja gue nggak pernah luput dari omelannya. Apalagi kalau dia makan. Ampun deh, tuh nasi bisa disembur kemana – mana. Dia baru bisa berhenti ngomong kalau nasinya salah masuk jalan alias keselek. Itupun hanya bertahan sebentar setelah itu yah udah bisa ditebak deh kambuh lagi tuh penyakit gara – gara bawaan nama. Dan ini dia Kakak kedua gue Danar. Seperti yang orang bilang anak kedua dari Bapak Andre dan Dina begitu sempurna. Danar, satu – satunya kakak laki – laki gue. Peraih IPK tertinggi di kampusnya, jago basket, pinter main band, tinggi plus putih lagi, kalau tampang sih mungkin cuma dia yang mukanya mirip Ayah, karena sampai sekarang teman – teman Ayah dan Ibu nggak pernah percaya Andre si perfect menikah dengan Dina si biang kerok. Dan yang satu ini Kakak pertama gue, Dania. Ibu super galak dan jutek. Sampe suaminya aja, Mas Ridhan, sampai pingsan setelah melamar Dania. Jawabanya yang ketus dan sikapnya yang dingin membuat Ridhan harus digotong rame – rame ke rumah sakit.
Dan gue sendiri anak bontot yang sering dibilang anak sisa sama kakak – kakak gue. Karena setelah gue nggak ada lagi anak yang dilahirkan dari rahim ibu gue. Dari mulai dapet rahim bekasan dari kakak – kakak gue sampai baju yang bekas dari kakak gue ya kecuali bajunya Danar. Penampilan gue yang apa adanya, cuek, dan satu lagi. Gue paling suka es krim coklat dan tentunya kucing. Gue punya kucing yang gue kasih nama Glenn. Karena jujur gue suka banget sama Glenn Fredly. Suaranya itu bikin meleleh banget. Dan saking sayangnya sama kucing gue, gue sering beli es krim dua buah. Pastinya bukan buat saudara – saudara gue. Tapi, buat kucing gue. Banyak yang bilang gue sakit gara – gara sering beliin es krim buat kucing gue. Sampai suatu hari...
“Es krim neng” Suara tukang Es krim lewat depan rumah gue
“Iya bang biasa dua”
“Ini neng. Buat siapa neng beli dua segala?”
“Buat Glenn Fredly bang itu udah nunggu di dalam katanya lagi pengen yang dingin – dingin” Jawab gue simple
“Glenn Fredly artis itu neng” Tanya abang penjual es krim dengan wajah penasaran dan mata berbinar
“Udah ah bang nanyannya keburu meleleh nih es krim gue masuk dulu ya bang”
Tukang Es krim itu masih bingung dan pastinya terkagum – kagum karena ada penyanyi kondang di rumah gue. Dia masih belum pergi dari depan rumah gue sebelum gue buka pintu rumah gue
Tiba – tiba aja kucing gue udah ada di depan pintu dengan seseorang menggendongnya. Deasy kakak gue sambil teriak - teriak
“Dea.. nih Glenn Fredly loe, pipisin buku limited edition gue. Kucing sama yang punya sama sama jengkelin “
Tukang es krim itu tiba – tiba pergi dengan mukanya agak – agak jengkel. Yang pasti gue nggak bilang kan kalau yang dirumah gue Glenn Fredly artis. Gue Cuma bilang lagi ada Glenn Fredly.
Gue satu – satunya anak ibu yang masih SMA. Dania Eka Rahmadina, yang biasa dipanggil Dania ini, walaupun terbilang sangar, galak dan jutek. Dia termasuk satu – satunya perempuan yang beruntung dikeluarga gue. Setelah lulus dari kuliahnya empat tahun lalu dan meraih gelar Sarjana Ekonomi dengan IPK yang pas - pasan, dia langsung diterima sebagai manager disebuah perusahaan. Setelah itu baru saat usianya 23 tahun tepatnya setelah 2 tahun bekerja ia menikah dengan sesama manager.
Danar Rizky Aryan, yang biasa dipanggil Danar, Kakak gue yang satu ini adalah mahasiswa semester lima salah satu universitas negeri di Yogyakarta. Kakak gue yang satu ini emang anak paling normal diantara saudara – saudaranya. Punya muka yang oke punya dan otak yang encer. Dari semua mata kuliahnya, dia mendapat nilai A.
Deasy Filki Mariana, si cerewet satu ini biasa dipanggil Deasy Duck. Ah.. tiada hari tanpa berantem sama dia. Dari masalah Glenn yang pipisin buku limited editionnya lah, sampai masalah penampilan gue yang terkesan apa adanya aja dia ikut komentar. Dia mahasiswi jurusan Keperawatan semester satu di sebuah Universitas di Jakarta. Nggak bisa bayangin deh kalau suatu saat ada pasien yang sekarat dan dia yang nanganin. Bisa – bisa pasiennya game over gara – gara nggak sabar sama perawat yang mulutnya nyrocos terus.
Dan Gue, Dea Vigita Amalia, gue masih duduk di bangku SMA kelas dua. Ya bisa dibilang lagi badung – badungnya. Terakhir kali gue kabur dari pelajaran Bahasa Inggris yang gurunya gampang baget ditipu. Seperti biasa setelah lolos dari kelas dan lompat tembok belakang sekolah akhirnya gue, Anya dan Tia berhasil lolos dari sekolah yang membosankan. Jam terakhir pelajaran emang bikin BT.
Seperti biasa jam terakhir pelajaran ini Gue, Anya dan Tia meluncurkan aksi supaya bisa lolos dari sekolah. Kami berhasil setelah melihat pos satpam kosong tak ada penghuninya.
Gue, Anya dan Tia seperti biasa pergi ke cafe langganan kita.
“De.. loe kan punya kakak yang super ganteng itu siapa tuh namanya” tanya Tia
Gue terus melahap es krim ditangan gue. Bodo amat ah.. kalau udah sama mereka berdua dan duduk – duduk santai gini pasti pengen banget tau nama Kakak cowok gue
“De.. loe budek apa congek sih?” Kata Anya jengkel
“Sialan, gue nggak budek nggak congek . gue tuli. Puas loe”
Sialah mereka malah cekikikan liat gue marah
“Siapa dong namanya kasih tau kita ya. Masa udah satu tahun lebih loh kita temenan sampai sekarang gue belum tau nama Kakak ganteng itu. Kecuali tuh Kakak loe yang cerewetnya nandingin Deasy Duck” Kata Anya panjang lebar
“Okke.. okke gue kasih tau. Namanya... Glenn?”
“Glenn? Serius. Bagus banget” Kata Tia terkagum – kagum”
“Iya loe main deh kerumah gue. Nanti kalau ketemu sama Deasy Duck bilang aja mau ketemu Kak Glenn pasti deh gue yakin loe pasti bakalan ditemuin” Kata gue merasa sedikit geli dengan Glenn kucing gue.
“Serius.. Oke deh besok minggu gue sama Anya ke rumah loe sekalian tuh ketemu sama Kak Glenn” Kata Tia
“Eh.. es krim melulu loe. Gendut bau tau rasa loe” Kata Anya nyindir
“Dengerin ya, gue mau makan seabrek, mau makan es krim selusin, mau ngemil satu kilo, dan mau makan malem jam 12 habis itu tidur lagi, itu nggak bakalan bikin tubuh gue yang kecil ini jadi gendut” Kata gue panjang lebar
“Iya karena cacing – cacing diperut loe udah nyebar nggak cuma diperut aja. Di hati ada, di jantung banyak jadi loe mau makan sebanyak mungkin nggak bakalan kenyang – kenyang” Kata Tia.
Gue masih tetep cuek sambil menikmati es krim yang mulai berpindah ke perut gue. Kami bertiga bersiap pulang. Nggak lupa gue beli satu es krim buat Glenn.
“Loe mau makan es krim lagi?” Tanya Anya
“Kenapa? Masalah buat loe?” jawab gue nyinyir
“Udah deh kaya nggak tau aja Dea gimana, Nya” Kata Tia
“Gue balik duluan ya”
Jalan – jalan di mall buat kaki gue cape. Dipikiran gue udah terancang kamar tidur dengan kasur yang empuk, full AC. Ahh.. nyaman tiba – tiba aja “Brukk...”
Ah.. es krim gue...
“Es krim gue”
“Mmm..mmaaf mbak” Kata cowok culun didepan gue dengan nada medok jawanya yang kental banget
“Ahh... es krim gue loe dudukin?”
“Maaf mbak”
“Elo, Choko.. ah.. culun.. culun ngapain loe ke mall”
“Dea, maafin aku yo De aku ndak sengaja ndudukin es krimu”
“Ah.. ini es krim buat Glenn. Kenapa jadi korban pantat loe sih?”
“Aku beliin lagi yo De, jangan marah gitu”
“Nggak, usah gue mau balik capek”
“De.. Dea.. maafin aku yo”
Gue nggak peduliin si culun itu, gue jalan terus sambil nunggu taksi yang kosong.
Pagi hari disekolah gue udah dibuat malu sama si culun Choko. Cowok satu itu bikin gue BT pagi – pagi.
“Dea.. Dea” Suaranya yang medok udah jadi ciri khas buat dia
“Apa lagi sih choko”
“Ini es krim buat kamu”
Gue kaget bukan main di dalam kelas Choko tanpa ragu deketin gue. Semua perhatian tertuju pada gue. Bener – bener deh si choko. Nyebelinnya minta ampun.
“Ciie... Dea jadian sama Choko”
“Ndaak. Aku ndak jadian sama Dea” Sanggah Choko
“Ih.. loe tuh ya ko, udah gue bilang nggak usah diganti. Susah banget sih dibilangin” gue pergi keluar kelas
“Dea. De.. de” Suara Tia manggil – manggil gue. Nggak nyangka Tia ngikutin gue keluar kelas tanpa Anya
“Nya.. Anya”
“Apain sih Ko, loe cari masalah apa lagi sama Dea?”
“Gini Nya...” Choko menceritakan peristiwanya secara detail.
“Yah... masalah gitu aja kok Ko, tenang aja sebentar lagi juga dia sembuh dari ngamuknya. Tenang aja deh”
“Kalau gitu kasiin ini buat Dea yo”
‘Buat gue aja ya. Percuma Dea nggak bakalan mau deh”
“Yo terserah kamu saja. Buat kamu juga ndak papa”
“Makasih ya”
Hari minggu tiba. Minggu ini gue manfaatin buat liburan di pulau kapuk alias tidur. Kak Dania dan Bang Ridhan sedang weekend jadi nggak ada yang bakalan bentak – bentak guue tidur lama – lama. Si Deasy Duck lagi asik sama DVD telenovela yang dia pinjem dari temennya sambil nagis termehek – mehek. Danar. Jelas dia nggak bakalan pulang lah mana mungkin jauh – jauh dari Jogja balik ke Jakarta.
“Permisi” Suara yang gue kenal kaya suaranya Anya sama Tia. Ah bodo amat gue ngantuk masih ada Deasy Duck kan yang bisa bukain
“Permisi”
“Iya cari siapa ya?” Tanya Deasy
“Cari kak Glenn ada nggak ya?” Tanya Tia
“Kak Glenn”
“Iya ini pasti Kak Deasy Duck kan?” Kata Tia lagi
“Apa” Kata Deasy kaget
“Teman saya bilang Deasy Filka kan?” Bela Anya
“Iya, kalian cari Glenn”
“Kok panggil nama doang sih Kak Glenn bukannya Kakaknya kakak? Nggak sopan dong kalau panggil nama doang panggil Kak Glenn atau Bang Glenn kan lebih sopan” Kata Tia
“Bentar – bentar, Kak Glenn atau Bang Glenn? Kalian salah rumah kali. Di sini emang ada yang namanya Glenn,. Tapi Glenn yang dimaksud? Tungu sebentar ya” Deasy masuk kedalam rumah mengambil sesuatu. “Ini Glenn... kucingnya adik saya Dea”
“Hahh... Kalau gitu kita ketemu Dea aja” Kata Tia
“Sialan kita dikerjain” Gumam Anya.
Keesokan harinya di sekolah, gue nggak tau kenapa si alien culun (Si Choko) sama teman gue tuh Anya, mereka ngobrol bareng nggak tau deh apa yang mereka obrolin serius banget lagi. Sampai saat pulang sekolah, gue putusin nggak bolos untuk hari ini dan langsung pulang ke rumah. Baru gue sampe depan kamar, bel rumah udah bunyi lagi. Padahal ayah dan ibu ilang mau pulang malam, Dania udah pasti kerja, Danar nggak mungkin dia pulang nggak kabar – kabar, Deasy biasanya dia masuk asal nylonong aja kaya kucing nyolong ikan ngapain pencet bell segala.
“Sebentar” belum sempet gue taruh tas dan ganti baju gue, gue langsung bukain pintu
“Hahh.. Choko loe buntutin gue ya ngapai loe kesini?”
“Gini De, aku Cuma mau minta maaf sama kamu dan ndak bermaksud macem – macem kok janji. Aku ndak ada niat jahat sama kamu”
“Itu apaan tuh di kantong kresek?”
“Es krim kamu mau. Ini juga buat abang kamu Glenn katanya kamu punya abang namanya Glenn”
“Hmm. Gue maafin asalkan.....”
“Asalkan apa De” Belum selesai gue ngomong si culun satu itu udah nyamber aja kaya petir
“Dengerin dulu dong nggak usah nyamber – nyamber gitu. Gue belum selese ngomong”
“Iyo.. iyo”
“Asalkan loe harus suapin es krim yang loe bawa buat Glenn dan harus habis”
“Oh kalau itu gampang tho akku biasa suapin adikku di rumah”
“Ya udah ayo masuk Glenn udah nunggu di dalem”
“Iyo... iyo”
Gue suruh Choko duduk diruang tamu sambil nunggu gue naroh tas dan ganti baju setelah gue siap gue balik ke ruang tamu dan tentu dengan Glenn di tangan gue.
“Ini Glenn udah nunggu”
“Lho.. Glenn itu kucing”
“Iya kenapa loe kaget kalau Glenn itu kucing?”
“Kata Anya, Glenn itu kakakmu. Kata Anya juga Glenn suka apa yang kamu suka dan kalau Glenn mau maafin aku kamu juga pasti maafin aku”
“Ya ini Glenn udah gue anggap saudara gue. Nih suapin”
Dengan agak ragu, Choko mau juga gendong Glenn dan konyolnya lagi Glenn bener – bener dia suapin es krim. Cowok yang satu ini lumayan juga buat hiburan.
“Ayo dong Glenn es krim nya enak kok. Aku cicipin dulu nih enak kok”
Sesekali Glenn mengumam
“Ayo Glenn enak nih, makan ya”
“Meeeowww” Tiba – tiba aja Glenn loncat dari pangkuan Choko dan nyakar tangan Choko. Alhasil es krimnya jatuh ke lantai. Oh My Good, nyokap pasti ngamuk berat ke gue. Gue reflek ambil obat merah buat Choko. Nggak tau deh apa yang ada di otak gue saat itu. Tumpahan es krim di lantai, gue cuekin gue sibuk ngobatin cowok culun yang satu ini.
“Aduhh, Ko maafin Glenn ya. Kebetulan tadi dia udah makan jadi dia nolak deh loe kasih es krim tapi beneran deh gue minta maaf banget sama loe”
“Nda papa De”
“Meeow” Tiba - tiba aja Glenn loncat dan langsung duduk dipangkuan Choko. Sontak membuat Choko langsung loncat sampe jatuh ke lantai. Dan akhirnya tumpahan es krim tadi, nggak sengaja didudukin deh sama Choko. Aduh nih cowok kasian banget.
Gue ngerasa bersalah banget kali ini.Gue kasih dia celana ganti punya Danar. Daripada dia harus pulang dengan celana dengan motif bulat berwarna cokelat di pantatnya. Nanti dia dikira.......... Ahh nggak mau ngebayangin deh..
“Makasih ya De, udah pinjemin saya kathok Salin”
“Kathok?? Loe ngomong apaan? Gue nggak ngerti. Ehh.. Choko, ini tuh Jakarta, dengerin ya Jakarta. Bukan Jawa”
“Maksud saya celana ganti”
“Bilang dong, nggak Cuma muka loe aja ya yang culun. Tapi ngomong loe juga” muka Choko keliatan asem banget begitu gue ngomong gitu. “Tapi gue ngucapin thanks banget deh, udah mau nyuapin Glenn es krim. Loe hebat deh, seumur – umur baru gue yang nyuapin Glenn pake es krim yang lain nggak ada yang mau. Thanks banget ya?”
“Iya sama – sama”
Hati itu hari minggu. Hari yang gue tunggu – tunggu. Dania weekend sama mas Ridhan, Deasy duck lagi sibuk praktik di rumah sakit dan Danar pulang. Yeah ini yang gue tunggu – tunggu ngajak Danar jalan – jalan.
“Bang, loe mau tidur seharian nih di kamar” Nggak ada jawaban sama sekali dari Danar “Bang ikut gue aja yok, jalan – jalan muter – muter Jakarta. Gue BT nih Ortu ke luar kota, si Deasy lagi praktik dan Dania lagi weekend sama Bang Ridhan. Nah gue??”
“Pergi aja sama dua sahabat loe”
“Ah.. Tia udah pasti jalan sama Handy cowok barunya lah, dan Anya dia bilang sih ada acara kaluarga”
“Gue ngantuk. Jangan ganggu gue deh ya”
“Bang.. ayo lah, loe nggak kasian sama ade loe ini? Udah jomblo kronis, jadi anak rumahan lagi”
“Iya – iya kagak usah memelas gitu. Gue mandi dulu”
Yeess... dalam hati gue jingkrak – jingkrak sendiri. Kakak gue yang satu ini kalau udah liat adiknya memelas. Nggak tegaan.
Mall di Jakarta pagi – pagi gini rame banget. Gue sama Danar biasa ke arena game favorit kita. Ya ngepump. Kita biasa ngepump dan siapa yang kalah dia harus traktir makan.
Kali ini Danar kalah, yeahh. Baru kali ini gue bisa ngalahin Danar entah Danar yang sengaja ngalah atau emang gue yang mulai jago dan kita langsung cepet – cepet ke food court favorit kita. Seperti biasa es krim coklat selalu aja gue pesen.
Begitu makanan datang, dari balik kaca tempat gue makan, gue lihat sesosok manusia, cowok, tinggi, dan mirip banget sama Choko. Tapi cowok yang satu ini keren banget, nggak culun dan oh my God dia tuh up to date banget gayangya. Bukan kaya Choko yang culun, jauh deh dari kata keren dan gayanya out of date banget. Tapi mukanya itu loh mirip banget. Tiba – tiba aja gue langsung nyamperin dia saking penasarannya. Tanpa rasa malu mungkin emang muka gue udah setebel tembok bahkan lebih tebel dari tembok cina gue langsung lari dari food court tempat gue makan
“De.. Dea loe mau kemana”
“Bentar bang, sebentar doang kok”
Gue cepet – cepet nyamperin cowok yang gue sangka Choko itu
“Choko kan?”
“Maaf anda siapa ya?” Duuuuarr hati gue serasa disambeer geledek, dia nggak kenal gue dan cara bahasanya pun beda dengan Choko, nggak medok dan bener – bener berwibawa
“Kamu Choko kan?”
“Choko?? Choko siapa?”
“Choko anak SMA 45”
“Ohh.. maaf” Tiba – tiba aja dia ngulurin tangannya “Saya Choki saudara kembarnya Choko”
What??? Gue melongo sambil mengulurkan tangan gue. Sumpah berbeda 180 derajat deh anak kembar ini. Muka sama, tapi gaya ngomong dan penampilannya beda banget
“Sorry, gue salah. Gue temennya Choko. Gue Dea. Sorry ya sekali lagi”
“Nggak apa – apa kok. Anak SMA 45 juga?”
“Iya, temen sekalas malah. Tapi.. Loe sama Choko kok?”
Belum gue selese ngomong Choki udah nyamber duluan. Nggak salah lagi sifatnya aja sama sering motong pembicaraan orang.
“Medok, gayanya yang Out of date?” Gue Cuma bisa nyengir waktu dia ngomong gitu “Medoknya dia itu karena dia lama di Jawa dan gue udah sejak SD di Jakarta. Dia baru waktu SMA pindah ke Jakarta”
“Ohh.. ya udah ya, gue ditunggu sama abang gue tuh nungguin di sana”
“OK”
“Sekali lagi sorry ya salah sangka”
“Nggak apa – apa. Eh Dea, boleh minta nomor HP loe nggak ataun pin BB boleh juga deh?”
“Ini” gue keluarin kertas yang isinya nomer HP gue “Pin BB nanti aja gue kirim lewat sms kalau loe kirimin nomer loe ke gue”
“OK”
Gue langsung nemuin abang gue, Danar
“Makan tuh es krim loe udah mulai cair”
“iya, iya”
“Loe habis ketemu siapa sih? Pacar?”
“Buakn, temen gue”
“Satu sekolah?”
“Bukan”
“Terus”
“Baru kenal tadi” Sambil makan es krim yang mulai cair
“Gila loe, baru kenal tadi? Pasti loe samperin gara – gara cakep ya?”
“Apaan sih bang. Tadi itu gue kira temen gue eh nggak taunya kembarannya jadi gue kenalan aja tadi”
“Bener – bener deh dasar muka tembok”
Gue cuek bebek aja deh Danar mau ngomong apaan.
“Balik yuk gue cape”
“Okke, beliin gue es krim satu lagi dong”
“Buat Glenn? Udah gue beliin nih” Sambil ngeluarin bungkusan plastik dari tasnya
“Thank you, loe abang gue yang paling.... ganteng”
“Jelas lah, gue cowok sendiri dikeluaga”
Ya.. skak match deh gue dia bilang gitu
Keesokan harinya, sampai sekolah gue langsung duduk di sebelah Tia. Dengan senyum lebar di wajah gue. Tia dan Anya nglirik gue kaya orang gila
“Kenapa loe, nyengir – nyengir gitu? Gila loe ya” kata Anya
“Bodo amat loe mau bilang apa”
“Kenapa loe? Kayak menang undian aja? Atau dapet cowok baru?” Tanya Tia
“Gue, kemarin ketemu cowok, cakep, saudara kembarnya choko”
“Hahh.. saudara kembarnya Choko?” Sontak mereka berdua melirik ke arah Choko yang duduk di bangku belakang
“Gimana gayanya? Pasti sama kaya Choko” Tanya Tia
“Eh.. ini beda banget, namanya Choki. Choki cakep, Choko cakep kalau di make over. Choki keren, Choko culunya minta ampun Choki up to date, Choko Out of date”
“Ah ngarang deh loe”
“Terserah loe deh. Tanyain aja sana sama Choko. Dia yang punya kembaran juga”
“Ko.. Choko?” Tanya Tia “Loe punya kembaran ya?? Ganteng bener nggak??
“Kata ibu aya anak ibu saya ganteng semua kok”
“Itu kan menurut ibu kamu kalau menurut temen kamu kan lebih jujur”
“Ndak kok, beneran saya sama Choki sama – sama ganteng kok”
“Masa?? Gue ragu deh” Kata Anya
“Ehh.. udah deh, udah  mau bel tuh duduk gih” kata gue, daripada gue harus liat satu cowok dibully sama dua cewek. Nggak tega gue liat cowoknya
Suatu hari, gue dapet undangan dari Choki. Choki ngundang gue datang ke taman. Dan sebelumnya dia kirimin gue dress cantik banget dan juga bunga yang nggak kalah cantik.
Lilin – lilin di kanan kiri jalan seolah jadi penuntun gue untuk mempertemukan gue dengan Choki. Di akhir lilin – lilin itu, gue lihat sebuah sterofoam berdiri tegak dengan hiasan lampu warna – warni dipinggirnya dan nggak gue sangka dari balik sterofoam itu Choki keluar
“Dea, will you be my girl?” Kata Choki lantang. Serius dua bulan gue kenal Choki baru kali ini dia benar – benar romantis ditambah backsound lagunya Secondhand Serenade – Fall For You. Bikin suasana jadi tambah romantis.
“Like the song, ‘because tonight will be the night that I will fall for you over again don’t make me change my mind’. So will you be my girl?” Kata Choki berlutut di depan gue. Gue bener – bener gugup dan nggak tau mau ngomong apaan.
“Ki, loe nembak gue?” dengan polosnya gue bilang gitu. Tiba – tiba aja backsound mati dan Choki berdiri dihadapan gue
“Aduh Dea, iya lah gue nembak loe. Loe pikir suasana se-romantis ini gue setting sedemikian rupa dengan backsound yang mendukung pula. Loe masih tanya gue nembak loe apa engga? Ya jelas lah”
“Nah gini dong. Gue suka, gaya loe nembak gue kan lebih natural nggak perlu pakai backsound segala. Loe to the point aja jadi nggak bikin gue melongo”
“Jadi jawabannya gimana? Loe mau nggak jadi pacar gue?”
“Gue pikir – pikir dulu deh ya?”
“Yah.. loe De, udah bikin acara ini nggak sesuai dengan rencana. Eh sekarang loe mau bikin gue nunggu sampe lumutan?”
“Nggak gitu, oke gue jawab deh”
“Nah gitu dong, jangan lupa jawab iya. Di jamin deh loe nggak bakalan nyesel”
“Hmmm.. Ya”
“Iya apa?”
“Gue mau jadi pacar loe”
“Serius loe.. yes gue punya cewek baru”
Gue Cuma bisa terkekeh bahagia lihat Choki jingkrak – jingkrak dihadapan gue.
Dua tahun berlalu, nggak nyangka gue udah jadi mahasiswa. Kali ini gue putusin untuk kuliah di Bandung. Nggak jauh – jauh banget dari Jakarta. Hubungan gue sama Choki semakin deket aja. Walaupun Choki harus kuliah di Semarang  dan gue di Bandung LDR gitu deh, cinta kita nggak pernah luntur deh walaupun harus jarang – jarang ketemu, tapi gue yakin dia bakalan setia. Dua sahabat sejati gue, Anya dia kuliah di Bogor dan Tia harus rela ikut ortunya yang pindah tugas di Jambi dan si Choko, dia dapet beasiswa buat nglanjutin kuliahnya di Jogja. Nggak bisa bayangin kalau suatu saat nanti kita ketemu dengan gelar sarjana yang berbeda – beda, Fanya Diska Fadilla dengan gelar Sarjana Psikolog dibelakang namanya, Kania Tiara Rezka dengan gelar Sarjana Ekonomi di belakang namanya, dan gue Dea Vigita Amalia yang bakalan bergelar Sarjana Kedokteran Hewan. Tiga cewek yang sering cabut waktu SMA bisa dapet gelar seperti itu. Wow.. excied banget kan.
Pagi itu, tamu special gue pulang dari Semarang. Ternyata hari ini adalah hari anniversary hubungan gue dan Choki yang ketiga. Nggak nyangka gue bisa lama jadian sama Choki. Sekarang hati gue bener – bener udah fix dengan Choki.
Romantic dinner yang dia buat bener – bener buat gue meleleh. Gue suka banget malam ini. Nggak tau deh kenapa malam ini Choki pengen banget ngerasain moment romantis versi dia bukan versi gue. Dan tiba – tiba aja dia ngomongin soal Choko yang sebelumnya nggak pernah sama sekali dia omongin kalau lagi berduaan sama gue.
“De, gue kalau liat Choko iri deh”
“Kenapa?” Gue heran deh. Choki sama Choko kan bedanya jauh banget
“Choko itu pinter, gue? Choko sekarang cakepnya nggak ketolongan deh dan gue?”
“Tapi loe punya gue, Choko engga”
“Makasih ya, kata – kata loe bikin gue tenang” nggak ada suara diantara gue dan Choki setelah Choki ngomong kalimat itu “De, kalau suatu saat nanti gue ninggalin loe gimana?”
“Maksudnya?” Gue bener – bener tercengang denger Choki ngomong kaya gitu, entah gue salah nangkep atau memang bukan kematian artinya
“Kalau gue ninggalin loe untuk selamanya?”
Oh my God.... beneran kan dia bakalan ngomong itu “Kok loe ngomongnya gitu sih?”
“Oh.. udah lah nggak usah dibahas. Inikan hari jadi kita” Kata Choki gugup.
Gue ngerasa kaya ada yang disembunyiin dari Choki. Tapi gue nggak mau buruk sangka sama dia.
Dua hari berikutnya, nyokapnya Choki ulang tahun. Ya tentu gue diundang dong ke acara itu, dan Choko bener – bener berubah seratus persen. Lama dia di Jogja tapi anehnya ngomongnya nggak medok dan gayanya sekarang benar – benar up to date. Apa karena sekarang dia kuliah di fakultas kedokteran ya selain otaknya yang encer punya, gayanya juga oke punya deh. Tapi menurut gue tetep Choki yang paling utama.
“Selamat ulang tahun Tante”
“Sama – sama. Ini Dea pacarnya Choki?”
“Iya tante”
“Temennya Choko ya?”
“Iya tante. Temen satu kelas malah”
“Wahh.. udah kenal lama dong”
“Iya tante”
“Terus kamu kenal Choki dari mana? Dari Choko”
“Oh... nggak tante. Kita ketemu di mall. Waktu itu saya kira Choko jadi saya samperin aja. Eh.. malah saya salah orang”
“Haaahaa.... mereka emang mirip ya. Sampe kamu aja nggak ngenalin”
Ya gue rasa nyokapnya Choki gampang banget deh akrab sama seseorang. Apa karena dia nggak punya anak perempuan ya?. Whatever lah, yang penting dia nggak ngerasa boring deket gue. Kita berdua mulai akrab deh. Dari mulai gue punya keluarga yang nama depannya D kecuali bokap gue dan sampai masalah Glenn Fredly kucing kesayangan gue. Gue berhasil buat nyokapnya Choki tersenyum lebar dihari ulang tahunnya.
Hari demi hari berlalu. Ini tepat banget hari ulang tahun Choki yang ke-20. Udah lama banget Choki gantungin gue. Nggak ada kabar. Sms aja nggak pernah apalagi telepon. Facebook dan twitternya sepi nggak pernah berkicau. Whatsapp juga nggak pernah. BBM sepi. Dia yang rajin nulis blog tiba – tiba nggak pernah ada posting lagi di blognya. Terakhir dia posting tahun lalu. Waktu hari jadi kita. Judulnya “Moment termanis sebelum gue cabut”. Status terakhir di facebooknya yaitu “Gue sayang loe. Maaf gue harus pergi” dan dan kata terakhir di twitternya “Gue bener – bener pergi”. Dan sampai saat itu, gue bener – bener lost contact sama Choki. Gue sempet telpon Choko dia nggak ngangkat. Dari social media manapun dia kaya menghidar dari gue. Oh my good Choko please gue butuh loe. Berkali – kali gue samperin ke rumahnya yang di Jakarta, nggak pernah ada penghuninya. Dan kali ini gue bener – bener nekat. Gue pergi ke Semarang sendiri. Dengan berbekal alamat yang Choki kasih dulu banget ke gue. Dan kebetulan temen gue, Rinita, kuliah di universitas yang sama dengan Choki. Walaupun beda jurusan. Tapi gue berharap Rinita bisa jadi penuntun gue selama gue di Semarang. Satu minggu gue muter – muter Semarang, nggak ada tanda – tanda keberadaan Choki. Bahkan gue udah samperin ke kampusnya dan temennya bilang “Udah satu tahun ini dia cuti dan sampai sekarang nggak tau di mana dan kostanya juga sepi”.
Sampe disitu gue mulai ragu nyari keberadaan Choki.
“Rin, gue balik Bandung aja kali ya? Gue udah nggak ikut kuliah selama seminggu”
“Terus loe TA gitu”
“Enggak kok, gue ambil semester pendek”
“De, gue tau segitu sayangnya loe sama Choki tapi jangan korbanin kuliah loe dong demi Choki. Kasihan ortu loe. Dia yang biayain kuliah loe. Bukan Choki”
“Iya Rin, makasih ya”
“Hmm.. loe kan ambil semester pendek nih. Kenapa loe nggak ke Jogja aja. Ke rumah Choko. Katanya kakak loe kan kerja di sana. Coba deh minta bantuan kakak loe buat cari kostannya Choko. Ini gue ada alamatnya”
“Thanks Rin, gue kaya Ayu Ting – Ting aja ya ‘Kesana kemari membawa alamat, namun yang kutemui bukan dirinya sayang’ ahh..”
“Loe tuh ya, masih kaya dulu. Ini keadaan genting ya, nggak usah deh bercandaan”
“Iya, gue besok anterin ke terminal ya? Gue mau ke Jogja”
“Okke siip deh”
Inilah Jogja, petualangan gue dimulai. Danar jemput gue di terminal Lempuyangan. Danar bela – belain cuti satu hari buat anterin gue muter – muter Jogja
“Loe mau jalan – jalan kemana? Malioboro, Parangtritis, Ketep, atau....” belum Danar selesai ngomong gue udah potong omongan dia
“Bang, gue kesini mau cari alamat”
“Kaya Ayu Ting – Ting aja loe cari alamat”
“Ah.. nih, loe tau alamat ini nggak?” gue kasih selembar kertas kecil yang gue dapet dari Rinita
“Oh.. loe mau kesini?”
“Iya”
“Okke gue siap nganter”
Alamat yang dituju akhirnya sampai. Kostan itu ternyata nggak jauh dari kampus Choko. Dan Choki juga pernah bilang seperti itu
“Permisi..”
“Cari siapa ya mbak”
“Oh.. ini apa benar di kost – kostan ini ada yang namanya Choko? Mahasiswa Kedokteran dari Jakarta?”
“Oh Mas Choko.. iya mbak tapi dia sudah pindah sebulan yang lalu”
“Kemana ya bu?”
“Wahh saya kurang tau mbak. Dan semua penghuni kost lagi dikampus mungkin mbak bisa ketemu sama mas Choko di kampus. Atau gini saja. Nanti saya tanyakan sama temannya Mas Choko”
“Boleh bu, ini nomor HP saya nanti ibu bisa hubungi ya? Saya pamit pulang ya Bu”
“Iya Mbak”
Dengan muka cemberut gue langsung masuk ke mobil.
“Nggak ada orang yang  loe cari?” Tanya Danar
“Engga bang, gue BT deh”
“Sekarang mau kemana?”
“Kampusnya dia. Tuh deket banget”
Ini dia kampusnya Choko. Gue muter – muter dan tanya kesana – kemari nggak ada yang tau dimana Choko. Katanya dia lagi sibuk ngerjain tugas di perpus, katanya juga dia di taman. Ahh BT bener deh. Dan saat gue mampir kekantin beli minuman, cowok itu bener deh nggak slaah lagi itu Choko. Cara jalannya waktu terakhir kali gue liat.
“Choko... ko”
Kayaknya Choko denger deh gue panggil tapi kenapa dia malah mempercepat langkahnya ya? Kayaknya dia sengaja deh ngehindar dari gue.
Gue kejar dia sambil manggil namanya. Emang dasar gue atlet lari dan langkah Choko yang nggak selebar langkah gue. “Kena loe. Mau kabur kemana lagi loe?”
“De, lepasin gue deh, sekarang gue ada kelas”
“Bod amat. Ikut gue sekarang”
“De, please lepasin gue”
“Ko, loe nggak tau gimana capeknya gue nyari Choki. Gue bela – belain ambil semester pendek dan gue bela – belain, dari Bandung langsung ke Jakarta dan bukan pulang ke rumah gue. Tapi kerumah loe. Belum sempet gue balik ke rumah, gue langsung ke Semarang nyari Choki dan gue nggak nemu keberadaan Choki disana. Sekarang gue ke Jogja, setelah gue ketemu saudaranya Choki loe mau ngehindar gitu aja? Loe nggak ngerasa kasihan sama gue? Sedikit informasi aja udah bikin gue tenang Ko”.
Nggak tau kenapa tiba – tiba aor mata gue ngalir. Aduhh... gue nangis dan tanpa sadar gue langsung bersandar dipundak Choko.
“Oke De, sekarang kita omongin ini dulu di situ” Choko nuntun gue ke tempat yang dia maksud “Loe duduk sini”
Gue duduk di samping Choko
“Ko, gue Cuma mau tanya dimana Choki itu aja kok”
“De, gue bakalan kasih tau Choki liburan semester ini. Untu kali ini gue nggak bisa”
“Kenapa?”
“Choki ada di tempat yang jauh banget”
“Dimana?”
“Yang jelas bukan di sini. Sekarang loe balik ke Jakarta. Loe usap tuh air mata. Liburan semester ini gue bakalan ajak loe ketemu sama Choki”
“Janji loe”
“Janji. Ya udah kalau loe nggak percaya, ini pin BB gue, ini nomer HP gue. Loe boleh tagih gue kalau gue bohong, ini alamat gue di Jakarta dan ini alamat gue di Jogja”
“Okke gue balik gue tunggu loe di Jakarta liburan semester ini”
Libur semester ini gue masih nunggu Choko. Gue tunggu setiap pagi didepan rumah dan suatu hari, ada sebuah mobil sedan silver menepi di depan rumah gue. Gue lihat sesosok laki – laki turun dari mobil itu. Ya Choko itu Choko. Gue samperin dia. Kita pergi bareng – baren. Arahnya ke Bogor
“Loh kita kok ke Bogor sih”
“Choki ada di sana”
Tiba – tiba aja mobil Choko berhenti disebuah tempat. Pemakaman dan ya ini pemakaman. Gue ikutin langkan Choko dan dia berhenti disalah satu makam. Gue baca nisannya bertuliskan nama Choki Fabian Alamsyah bin Farikh Alamsyah. Dan tanggal lahirnya gue baca 5 April 1990.
“Ini makam siapa”
“Seperti yang tertulis  disitu jasad yang berbaring didalam situ, itu Choki?”
Sampai sinilah gue bener – bener diem, nggak banyak berkutik dan kaki gue bener – bener lemes. Dan tiba – tiba aja air mata gue netes. Gue coba tegar tapi semakin gue tegar semakin gue nggak kuat nahan rindu yang udah gue tanam dari dulu
“Kenapa gue nggak dikasih tau kalau Choki meninggal?”
“Ini permintaan Choki. Dia mau elo tau setelah ulang tahunnya yang ke- 20. Belum sempet gue cari loe. Loe udah cari gue duluan”
Gue bener – bener nggak kuat nahan air mata gue. Gue langsung minta Choko anterin gue pulang. Belum sempet kita pulang, Choko minta temenin gue ke rumah lamanya. Nggak tau apa yang dia  bawa. Satu kardus entah berisi apa.
“De... gue mau kasih ini ke loe”
“Ini apa?”
“Gue belum sempat baca dan yang jelas ini milik Choki yang di amanatin buat loe”
“Makasih ya Ko”
Gue buru – buru masuk dan belum sempet gue buka barang – barang yang Choki kasih buat gue.
Tahun demi tahun berlalu akhirnya gue daperin gelar gue begitupun Anya dan Tia yang sengaja dateng ke acara wisuda gue karena mereka lagi sibuk cari kerja di Jakarta.
“Selamat ya De, akhirnya lulus juga loe. Gue pikir loe mau jadi mahasiswa abadi” Kata Anya
“Ehh.. sialan loe”
Pulang dari acara wisuda, gue inget kalau gue pernah dapet 1 kardus berisi barang – barang Choki tapi belum sempet gue chek isinya apa. Akhirnya gue putusin buka kardus itu
Ternyata isinya sebuah buku yang isinya kumpulan foto – foto gue dan ada satu foto yang bikin gue terkejut. Bukan gambar foto itu tapi tulisan dibawah foto itu.

‘Dea, aku nggak tau perasaan apa yang aku rasain saat ini, aku cinta atau hanya sekedar kagum tapi yang jelas aku sayang kamu.’ Tulisan ini gue temuin di kamar Choko. Ternyata dia sempat suka sama Dea.

Dan dilembar selanjutnya ada surat

‘Nggak tau kenapa perasanku nggak karuan. Semenjak Dea jadian sama Choki kembaran gue sendiri. Aku coba ikhlas tapi nggak tau kenapa ikhlas itu begitu sakit. Dan inilah yang jadi alasanku kenapa aku memutuskan untuk kuliah di Jogja. Selain aku bisa jauh dari Choki aku juga bisa jauh dari Dea. Agar semua cerita tentang Dea bisa sedikit demi sedikit terhapuskan’ tulisan ini asli dari Choko, gue cemburu tapi gue nggak bisa berkutik.

Lalu dilembar selanjutnya

Gue sakit, Kanker ini udah mencapai stadium 4 gue nggak mau Dea tau. Pemakaman gue, gue mau De nggak tau, tuliasn ini tulisan terakhir gue. Semoga Dea tau kalau gue selalu sayang sama dia. Dan semoga bisa dapetin pengganti gue yang lebih baik dari dia. Gue sayang dia. Gue malah berharap Choko bisa gantiin gue

Gue bingung kenapa semua serba Choko.
Dua tahun kemudian, Gue ketemu Choko di sebuah mall di Jakarta. Seperti biasa gue habis hang out bareng kedua sahabat gue Anya dan Tia. Nggak lupa gue beli es krim buat Glenn. Kucing gue. Ya mungkin saking gue capeknya jadi banyangan kamar tidur dengan kasur yang  empuk dan full AC muncul di angan gue. Tiba – tiba aja tinggal “Bruukk”
Ternyata gue jatuh dan es krim gue didudukin sama seseorang. Oh my God, dia Choko.
Kenapa gue harus dipertemukan dengan cara yang sama.
“Dea, maaf es krimnya”
“Oh.. nggak apa – apa”
“Gue ganti ya”
“Nggak usah ko”
“Nggak apa – apa. Gue ganti terus gue yang suapin Glenn. Abang loe”
“Hhahhaha.. dia kucing gue bukan abang gue”
“Hhaahaa...”
Peristiwa itu kembali lagi. Choko kerumah gue nyuapin es krim buat Glen dan Glenn tiba – tiba loncat. Persis kejadian itu kaya gue waktu SMA dan kita semakin deket. Sering jalan dan nggak lama kemudian kita jadian. Mungkin Choki memang hanya mengikhlaskan gue buat Choko saudara kembarnya. Gue berharap Choki bisa tersenyum lebar disana setelah melihat kami bersanding di sebuah pelaminan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar